Kenali Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Menurut SehatQ.com

Banyak orang yang beranggapan bahwa sakit tenggorokan merupakan gangguan yang kehadirannya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun sayangnya sebagian orang justru merasa bahwa sakit ini akan sangat mengganggu jika tidak ditangani dengan baik. Lalu apakah sebenarnya penyebab gangguan sakit tenggorokan ini dan bagaimana cara mengobatinya? Berikut ulasannya. 

 

Penyebab Terjadinya Sakit Area Tenggorokan
Gangguan ini bisa terjadi akibat terpaan beberapa infeksi yang ada di dalam tubuh. Misalnya saja seperti flu, influenza, campak dan cacar air. Disamping itu, infeksi mononucleosis juga bisa menyebabkan terjadinya sakit pada tenggorokan. Mononucleosis sendiri adalah infeksi yang penyebabnya diakibatkan oleh virus Epstein-Barr, dimana penyebarannya melalui cairan tubuh seperti air liur.


Selain diakibatkan dari infeksi virus dan juga bakteri, terdapat pula beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya sakit pada tenggorokan. Misalnya saja seperti alergi terhadap serbuk sari, bulu hewan peliharaan, debu, hingga jamur yang bermukim di lingkungan penderita.
Pernahkah anda merasakan udara kering dalam ruangan? Jika iya, bisa saja hal tersebut sebagai pemicu terjadinya sakit tenggorokan. Biasanya hal ini akan terjadi saat bangun tidur di pagi hari. Yang mana kebanyakan dari mereka melakukan pernapasan melalui mulut dan mengakibatkan hidung menjadi tersumbat, alhasil tenggorokan pun terasa sakit dan kering. 


Cara Tepat Obati Sakit Pada Tenggorokan
Umumnya sakit pada tenggorokan yang disebabkan akibat adanya infeksi virus, akan berlangsung elama kisaran 5 hingga 7 hari dan akan sembuh dengan sendirinya. Untuk meredakan rasa sakit disertai demam, obat penghilang yang bisa dikonsumsi yakni parasetamol atau ibuprofen. 


Selain kedua obat tersebut, mengatasi rasa sakit area tenggorokan pada anak anak dan remaja juga bisa menggunakan aspirin. Namun disarankan untuk mengkonsumsi obat tersebut secara hati hati dan ikuti petunjuk dokter. Mengapa? Sebab pemakaian aspirin saat tubuh anak anak atau remaja sedang mengalami gangguan tenggorokan, dikhawatirkan menyebabkan terjadinya sindrom Reye. 


Apabila sakit tenggorokan yang didiagnosa oleh dokter disebabkan karena infeksi, maka penderita akan diberikan obat antibiotik. Dimana pasien harus tetap menghabiskan antibiotik, bahkan saat gejala sakit pada tenggorokan sudah kunjung membaik atau hilang. Hal tersebut dilakukan sebagai pencegah terjadinya infeksi pada bagian tubuh lainnya yang bisa memperparah kondisi penderita. 


Sementara itu, jika anak anak menggunakan obat antibiotik tanpa mengikuti petunjuk serta saran dokter, maka bisa menyebabkan gangguan penyakit lainnya. Diantaranya seperti timbulnya bakteri streptokokus yang dapat meningkatkan resiko terserang demam rematik, hingga peradangan serius dari ginjal. 


Pengobatan sakit pada tenggorokan tanpa mengkonsumsi obat pun bisa dilakukan dan dapat menjadi pilihan utama. Adapun beberapa cara yang dapat anda lakukan sendiri dirumah untuk membantu meringankan rasa sakit. Misalnya saja meningkatkan konsumsi air minum yang lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar gangguan tenggorokan bisa mereda dan juga menjaga agar tidak dehidrasi.  


Tidak hanya itu saja, tapi memperhatikan konsumsi makanan dan minuman adalah hal yang tidak boleh luput. Diantaranya seperti makan sup hangat, dan juga minum air hangat yang ditambahkan dengan madu. Tentu beberapa cara tersebut bisa meredakan penyakit tenggorokan yang anda alami. 


Itulah ulasan lengkap seputar rasa sakit yang menyerang tenggorokan. Mulai dari penyebab terjadinya gangguan tersebut hingga cara pengobatan tepat yang dapat dilakukan. tidak hanya dengan mengandalkan obat yang dianjurkan oleh dokter, tapi dengan beristirahat di rumah serta lebih banyak konsumsi minum juga menjadi upaya penting dalam meredakan sakit.

SHARE

Kim Parker

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image